Ananda dan Karmila Masuk Calon Walikota Dan Wakil Walikota Banjarmasin 2020

Ananda dan Karmila Masuk Calon Walikota Dan Wakil Walikota Banjarmasin 2020

Dua perempuan masuk bursa kandidat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin pada Pilkada 2020 mendatang. Mereka adalah Ketua DPRD Banjarmasin Ananda dan putri sulung mantan wali kota Muhidin, Karmila.

Ananda dan Karmila Masuk Calon Walikota Dan Wakil Walikota Banjarmasin 2020

Ananda perempuan politikus kelahiran 1986, juga menjabat Ketua DPD Golkar Banjarmasin. Sementara Karmila merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang meraih kursi di DPRD Kalsel pada Pileg 2019.

Kemunculan dua perempuan itu mengetahui mempunyai situasi baru. Karena kota ini belum mempunyai pengalaman dipimpin wali kota perempuan. Sekalipun hanya untuk melihat perempuan maju pada Pilkada.

Pertanyaannya, apakah kota ini siap dipimpin perempuan? Pertanyaan itu disodorkan pada pengamat politik berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Ani CahyadiMemang mesti ada survei yang mendalam. Tapi sekiranya berkaca pada Pilkada di area lain, perempuan sebenarnya mesti berjuang lebih keras. Apalagi kecuali dikaitkan bersama dengan budaya orang Banjar,” paparya.

Meski begitu, bukan bermakna kota ini anti pemimpin perempuan. Hanya belum terbiasa. Taruhan BolaTerlebih, di dalam demokrasi tak ada masalah, apakah laki-laki atau perempuan.

“Dalam konteks Banjarmasin, pada dasarnya perempuan bisa saja jadi wali kota. Tapi mesti membuktikan sifat yang kuat dan tegas,” katanya. Dia menyita umpama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.