Jazilul Fawaid PKB Katakan Baru Saja Godog Calon Pimpinan MPR

 

Jazilul Fawaid PKB Katakan Baru Saja Godog Calon Pimpinan MPR

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, partainya baru menggodok calon pimpinan MPR sore ini, Rabu (2/10/2019). Jazilul mengatakan, sampai kala ini PKB belum punyai kandidat pimpinan MPR.

“Digodok sore ini. Belum (ada nama),” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).

PKB mengaku belum menyadari apakah kadernya bakal didorong untuk kursi Ketua MPR atau cuma Wakil Ketua MPR. Kata Jazilul, pihaknya bakal komunikasi bersama dengan fraksi lain.

“Melihat keadaan, komunikasi bersama dengan fraksi-fraksi yang lain,” kata Jazilul.

Jazilul Fawaid PKB Katakan Baru Saja Godog Calon Pimpinan MPR

PKB juga belum pilih apakah bakal mendukung Bambang Soesatyo dari Golkar atau Ahmad Muzani dari Gerindra sebagai kandidat Ketua MPR. Jazilul mengaku, komunikasi partainya lebih intens bersama dengan Golkar.

“Tentu komunikasi bersama dengan Golkar juga intens dikarenakan sama-sama 01 (koalisi pendukung Presiden Joko Widodo),” ucapnya.

Sebelumnya, PKB getol mendorong ketua umumnya, Muhaimin Iskandar sebagai Ketua MPR 2019-2024. Namun politisi yang akrab disapa Cak Imin itu jadi dilantik sebagai Wakil Ketua DPR.

Anggota Fraksi PKB Abdul Kadir Karding menyebut tidak kasus terkecuali pada kelanjutannya Ketua MPR tidak didapat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan kata lain Cak Imin. PKB memastikan legowo terkecuali kelanjutannya kursi berikut jatuh ke partai lain

“Kalau ada peluang ya. Kalau nggak ada ya sudah,” ujar Karding di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019).

Dia menyebutkan tidak bisa memaksa terkecuali bukan proporsi PKB. Menurutnya, sehingga imbang kursi Ketua MPR diberikan kepada partai kursi terbanyak ke dua yakni Partai Golkar. Karena PDIP duduki kursi Ketua DPR sebagai pemenang Pemilu 2019.

Karding juga mengaku menyetujui nama Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua MPR. Menurutnya secara ketokohan, Ketua DPR periode pada mulanya itu bagus.

“Partai ke dua terbesar kan sehingga imbang DPR nantinya PDIP kan,” kata dia.

Sementara untuk pimpinan DPR, Karding menyebut Waketum PKB Jazilul Fawaid calon kuat untuk posisi tersebut. Partai yang didirikan Abdurrahman Wahid itu mendapat proporsi Wakil Ketua DPR lantaran meraih kursi terbanyak kelima.

“Feeling aku Jazil ya, feeling ya Jazil kemungkinan,” kata Karding.

Kendati demikian, dia menyebut belum ada ketetapan yang pasti. Menurutnya, tetap bisa beralih nama pimpinan DPR dari PKB.

“Tapi nanti ujung-ujung bisa berubah,” ujar Karding.