Jokowi – Prabowo Akan Segera Bertemu Bulan Ini

Jokowi – Prabowo Akan Segera Bertemu Bulan Ini

Pengamat Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menganggap, pertemuan pada presiden terpilih Jokowi dan Prabowo Subianto pada bulan ini kudu disambut positif oleh seluruh pihak. Meskipun rancangan pertemuan ke dua kontestan Pilpres 2019 itu dimaknai begitu banyak ragam oleh publik.

Jokowi - Prabowo Akan Segera Bertemu Bulan Ini

“Pertemuan elit politik sering kali bermakna simbolik belum otentik. Karena ada skeptisme harmoni pada yang muncul di depan panggung dengan yang di belakang panggung,” kata Suparji, Jumat (5/7/2019).

Suparji meyakini, pertemuan Prabowo dan Jokowi udah banyak ditunggu publik dengan harapan dapat menandai ada keserasian didalam menerima hasil pilpres dan juga terkendalinya ketidakpuasan politik.

Dalam perspektif publik, kata dia, pertemuan dua tokoh nasional Taruhan Bola tersebut dapat dinilai variatif yaitu pada satu segi akan mengapresiasi positif, tapi di segi lain mereka belum dapat menerima hasil pilpres secara utuh. “Hendaknya pertemuan terjadi secara alamiah, jangan terlampau didramatisasi. Artinya terjadi dengan legowo,” ujarnya.

Jika didalam pertemuan Jokowi dan Prabowo berujung pada kesepakatan-kesepakatan politik yang ditandai dengan bagi-bagi kursi kabinet, perihal ini diakui lumrah. “Bagian ini juga dapat tandanya terjadinya penyelesaian secara proporsional politik tapi melupakan ada perimbangan demokrasi,” pungkasnya.