Ketua Umum PDI Perjuangan Sapa Ahok Di Kongres Untuk Perangi Politik Identitas Bersama Sama

Ketua Umum PDI Perjuangan Sapa Ahok Di Kongres Untuk Perangi Politik Identitas Bersama Sama

PDI Perjuangan menjelaskan alasan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri secara khusus beri salam mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) dengan sebutan lain Ahok dalam pidato pembukaan Kongres V PDIP.

Ketua Umum PDI Perjuangan Sapa Ahok Di Kongres Untuk Perangi Politik Identitas Bersama Sama

 

Kader senior PDIP Eriko Sotarduga menjelaskan Megawati idamkan memerangi politik identitas dan radikalisme kala beri salam Ahok.

“Iya, Bu Mega memerangi politik identitas. Bahwa radikalisme,Pasang Bola bahwa yang namanya politik identitas itu menjadi semakin besar,” kata Eriko kala ditemui di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Kamis (8/8).

Eriko menyebut Megawati hendak mengingatkan bangsa Indonesia tidak terbelah menjadi mayoritas dan minoritas. Namun Indonesia terbentuk berasal dari toleransi antarsesama warga negara.

Sapaan Megawati dalam pidatonya itu, kata Eriko, terhitung memperlihatkan bahwa Ahok adalah bagian berasal dari PDIP. Ia meyakinkan PDIP tak pernah meninggalkan Ahok meski kalah dalam Pilkada DKI 2017 dan masuk penjara karena kasus penistaan agama.

“Ahok itu, yang disebut BTP, Basuki Tjahaja Purnama itu adalah bagian berasal dari PDI Perjuangan dan kami tidak pernah meninggalkan beliau karena perihal layaknya itu (kasus penistaan agama),” ucap dia.

Sebelumnya, Megawati secara khusus beri salam Ahok dalam pidato pembukaan Kongres V PDIP. Megawati sempat mengulas pergantian nama Ahok menjadi BTP dan terhitung intoleransi yang menimpanya.

“Terus enggak boleh ya namanya rela Aseng, rela Ahok, rela Badu, kecuali dia warga negara Indonesia, ya sudahlah,” kata Megawati di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Kamis (8/8).

Kongres V PDIP dihadiri sejumlah tokoh nasional. Selain Ahok, datang pula Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu tersedia Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Tak ketinggalan, datang pula para ketua lazim parpol bagian Koalisi Indonesia Kerja. Yakni, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang beserta Sekjen Hary Lontung Siregar, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Soeharso Minoarfa beserta Sekjen Arsul Sani.

Kongres PDIP digelar pada Kamis (8/8) hingga Sabtu (10/8). Kongres ini diakses dengan pidato Presiden Joko Widido dan Megawati Soekarnoputri.