Lapas di Palu Over Kapasitas

Lapas di Palu Over Kapasitas

Lapas di Palu Over Kapasitas – Jumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Palu (Petobo) melebihi kapasitas sampai tiga kali lipat. Petugas tegas terapkan peraturan pemanfaatan masker dan social distancing atau jaga jarak di jaman pandemi virus Corona (COVID-19).

Lapas Petobo yang bertempat di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, kini ditempati sebanyak 670 warga binaan, yang mana kapasitas idealnya cuma dapat menampung 210 warga binaan.

“Semenjak adanya peraturan dan imbauan Taruhan Bola berkaitan meluasnya pandemi COVID-19, kita udah menghambat atau tidak ulang terima narapidana. Baik dari Rumah Tahanan (Rutan) maupun Lapas yang ada di Sulteng. Itu keliru satu langkah untuk memutuskan rantai penyebaran virus, bahkan jumlah napi udah lebih dari kapasitas yang cukup tinggi,” kata Kalapas Petobo Sudirman Zainuddin kepada wartawan di Lapas Palu pada Rabu (13/5/2020).

Menurutnya, ideal jumlah warga binaan hanyalah 210 orang saja, bahkan kamar tahanan yang kebanyakan ditempati 5 orang, kini udah mencapai sampai 10 orang. Sehingga pembatasan untuk napi yang akan jalani jaman tahanan di Lapas Palu udah ditutup untuk pas sejak adanya warga Sulteng terkonfirmasi positif.

“Pokonya kita harus waspada dan serius menghadapi COVID-19, terasa dari jumlah warga binaan, tidak adanya pembesukan, sampai penegasan imbauan dari pemerintah untuk memanfaatkan masker dan jaga jarak,” ucap Sudirman Zainuddin.