Pimpinan KPK Taruh Harapan Besar Pada Lembaga

Pimpinan KPK Taruh Harapan Besar Pada Lembaga

Pimpinan KPK Taruh Harapan Besar Pada Lembaga – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V, dan dewan pengawas diinginkan bisa makin lama memperkuat pencegahan praktek rasuah di Indonesia.

Pimpinan KPK Taruh Harapan Besar Pada Lembaga

“Prinsipnya bahwa kami mesti dorong pimpinan baru bisa laksanakan UU lurus dan terus menerus perintah UU KPK dan mendorong untuk mencoba titik beratkan pencegahan,” kata Pakar Hukum Tata Negara Muhammad Rullyandi dalam acara Polemik MNC Trijaya bertajuk ‘Babak Baru KPK’ di Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Menurut Rullyandi, Kedatangan dewan pengawas adalah perihal yang sah untuk laksanakan pengawasan dalam kinerja instansi antirasuah. Mengingat, perihal itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 perihal KPK.

“UU KPK mengenal dewas supaya bagi saya dalam organisasi KPK-sah sah saja sebab pengawasan internal,” ujar dia.

Terkait dengan pro dan kontra, Rullyandi meminta kepada masyarakat supaya memberikan kesempatan untuk pimpinan jilid V dan dewan pengawas bekerja khususnya dahulu.

“Ini tanggung jawab besar pimpinan KPK baru diinginkan penanganan persoalan bagaimana penyidikan, praperadilan dan putusan pengadilan disitu baru ketahuan,” ucap dia.

Disisi lain, Rullyandi mengutamakan bahwa sejauh masih dalam gerbong Undang-Undang, dirinya menolong kinerja berasal dari pimpinan dan dewan pengawas KPK.

“Tapi kami mesti suport anggota berasal dari penegakan hukum apa pun itu UU ini sah secara konstitusional,” tutup dia.