Terkait Revisi UU ITE, Jokowi Sudah Minta Menkumham

Terkait Revisi UU ITE, Jokowi Sudah Minta Menkumham

Terkait Revisi UU ITE, Jokowi Sudah Minta Menkumham

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah meminta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk menyiapkan revisi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang pergantian atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
FS88BET
“Yang dijalankan adalah mendapat masukan dulu bersama dengan praktisi hukum dan media. Sehingga waktu revisi sudah mencukupi keinginan yang dibutuhkan,” kata Jokowi waktu bersua Pemimpin Redaksi Media Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/2)

Rencana soal revisi UU yang disahkan pertama kali pada 21 April 2008 itu sebelumnya termasuk sudah diungkap oleh Jokowi dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri yang digelar di Mabes Polri, Jakarta pada Senin (15/2).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan jikalau UU ITE tidak dapat memberikan keadilan,
“Kalau Undang-undang ITE tidak dapat memberikan rasa keadilan, ya saya bakal minta kepada DPR untuk bersama-sama merevisi undang-undang ini. Undang-Undang ITE ini,” kata Jokowi.

Jokowi jelas semangat dari pembentukan UU ITE lebih dari satu tahun silam demi memelihara area digital di Indonesia. Namun, kata dia, kini ia tak idamkan justru jadi penerapan keputusan berikut justru mengundang rasa tak adil.

Kunjungi Juga : Artikel Seputar Olahraga

Rencana revisi itu lalu disetujui nyaris semua parpol di Senayan. Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan, publik sudah jenuh bersama dengan aksi saling lapor gunakan UU ITE.

Azis berkata, UU ITE semestinya lebih pertimbangkan komitmen keadilan, agar tidak lagi mempunyai kandungan pasal karet yang ringan ditafsirkan dan saling melaporkan.