Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Berencana Bentuk Partai Politik

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Berencana Bentuk Partai Politik

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) merencanakan membentuk partai politik, Partai Hijau Indonesia, bersama menjadikan isu lingkungan hidup sebagai agenda politik utama.

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Berencana Bentuk Partai Politik

“Agenda politik lingkungan hidup menjadi agenda pokok, bukan ulang agenda pinggiran,” ucap Dewan Eksekutif Nasional Walhi, Khalisah Khalid, seperti dikutip Antara, Kamis (18/7)

Gagasan pembentukan Partai Hijau dibahas oleh Walhi melibatkan jejaring Walhi didalam diskusi publik pembangunan partai alternatif, yang di melaksanakan oleh Walhi Sulteng, di tidak benar satu hotel, di Palu.

Kegiatan itu memiliki tujuan untuk menjadikan agenda taruhan bola politik lingkungan hidup sebagai agenda utama didalam pembentukan partai hijau Indonesia. Menjadikan agenda penyelamatan lingkungan hidup dan hak atas wilayah kelola rakyat

Khalisah menghendaki politik alternatif menjadi tidak benar satu pilihan atau alternatif bagi penduduk dari keberadaan dan dinamika perpolitikan yang udah tersedia kala ini.

Khalisah mengkritik partai politik yang udah tersedia belum seutuhnya mengimbuhkan area terhadap politik alternatif utamanya terhadap agenda penyelamatan lingkungan hidup.

“Karena itu mesti tersedia perubahan, untuk mengimbuhkan area kepada politik alternatif,” kata Khalisah.

Manajer Kampanye Walhi Sulteng, Stevandi, menyampaikan isu-isu yang kala ini ditangani oleh pihaknya lumayan beragam, baik dari sektor perkebunan sawit, pertambangan, kehutanan, dan lingkungan hidup.

“Hampir di setiap agenda advokasi Walhi tersebut dipastikan konsisten bersentuhan didalam ranah-ranah birokrasi dan politik sebagai wilayah lahirnya kebijakan di republik ini. Untuk mendorong negara dapat mengimbuhkan ruang-ruang penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia,” ucap Stevandi